Sunday 30 August 2015

Cara Untuk Membersihkan Varian RAMNIT Sampai Tuntas
Assalamu’alaikum, 
Selamat pagi Agan dan Aganwati  semuanya, sesuai dengan judul threadnya, disini saya akan berbagi sedikit tips untuk agan dan aganwati yang mungkin saat ini, didalam system komputernya sedang bercokol salah satu varian virus yang bandel, yaitu RAMNIT. 

Varian RAMNIT MEMANG bukan lagi keluarga baru dalam dunia “ PER-VIRUSAN “, karena varian ini sudah lama dikenal oleh para pengguna Komputer. Biasanya, RAMNIT menyebar melalui jaringan internet, dan yang paling umum, varian ini menyebar melalui REMEOVABLE MEDIA ( Flashdisk, Memory Card dsb ). Ketika virus ini menginfeksi system kita, akan kita jumpai beberapa file dengan nama yang aneh, biasanya berupa :

Copy Of Shortcut (1), 
Copy Of Shrotcut (2), 
Copy Of Shrotcut (3),
Copy Of Shrotcut (4),
Dan sebuah folder dengan nama RECYCLER. 

Kemudian, pada bagian STARTUP, akan kita jumpai sebuah file executable dengan nama “ NAMA-ACAK.exe “. Di Task Manager, akan kita jumpai pula sebuah proses yang janggal, biasanya memakai proses browser ( e.g Firefox.exe, IExplorer.exe ) atau berupa “ launcher.exe “.

Terkadang, kita salah kaprah untuk membersihkan nya. Kita berpikir, cukup dengan scanning melalui antivirus yang kita gunakan, virus ini akan otomatis hilang. 

Tapi, dari pengalaman saya, tidak seperti itu. Saya sudah membersihkan dengan 3 antivirus sekaligus ( AVAST Internet, SMADAV Terbaru, dan PCMAV Ramnit Killer ) 

Nyatanya, ketika komputer dihidupkan ulang, virus ini masih saja aktif di Startup saya. Usut punya usut, ternyata virus kembali masuk melalui “ KLIK KANAN “.

Kemudian, saya menemukan solusi untuk membersihkan virus ini sampai tuntas.

Terlebih dahulu, siapkan peralatan nya,
1. ESET NOD32 ON DEMAND SCANNER ( Last Version 5082 )
Bisa agan cari di Google, atau Klik ESET NOD32 ON DEMAND SCANNER

2. PCMAV EXPRES FOR RAMNIT
Bisa agan unduh dari Official Site PCMAV OFFICIAL SITE
atau langsung unduh disini
PCMAV EXPRESS FOR RAMNIT

Langkah Kerja :
1. Nyalakan komputer atau laptop anda, dan matikan sambungan internet. 
kemudian masuk ke “ SAFE MODE “ dengan cara menekan tombol “ F8 “ secara terus-menerus.

2. Ketika sudah masuk ke Safe Mode, terlebih dahulu “ JANGAN LAKUKAN KLIK KANAN “, ini penting, karena dengan klik kanan, sama saja kita menghidupkan sistem kerja virus ini.

3. Buka Task Manager, perhatikan proses yang berjalan. Jika ada proses yang mencurigakan ( e.g Firefox.exe, IExplorer.exe, launcher.exe ) padahal kita tidak sedang menjalankan aplikasi browser. Kill saja proses tersebut. Perhatikan juga pada bagian Start Up nya ( START – ALL PROGRAM – CARI FOLDER START UP ). 

Jika disana ada aplikasi tidak dikenal yang berjalan ( e.g NAMA-ACAK.exe ), langsung hapus aplikasi tersebut “ TANPA MELAKUKAN KLIK KANAN “

4. Buka ESET NOD32 ON DEMAND SCANNER, 
Langkah-langkahnya

a.
Langkah Pertama


b.
 Langkah Kedua


c.
 Langkah Ketiga


d.
 Langkah Keempat:


e.
 Langkah Kelima


Proses scanning memang membutuhkan waktu yang lumayan lama, tergantung banyaknya file dalam HDD kita ( saya 250GB HDD memakan waktu 1 Jam ).

Selama proses berjalan, jangan membuka aplikasi apapun atau melakukan Klik Kanan untuk sekedar me Refresh computer kita.
Setelah proses selesai, dia akan meminta kita untuk menyalakan ulang ( REBOOT ), pilih Opsi “ RESTART LATER “

5. Kemudian jalanlan PCMAV EXPRES FOR RAMNIT,
Tunggu hingga proses selesai dijalankan. Setelah selesai, Klik Exit, dan dia juga akan meminta kita untuk menyalakan ulang. Pilih “ RESTART NOW “.
Dan biarkan komputer kita masuk ke Mode Normal ( tidak perlu masuk Safe Mode lagi ).

6. Setelah itu, coba lakukan Klik Kanan untuk merefresh computer. 

7. Buka kembali Task Manager, Buka Folder Start Up juga. Lalu perhatikan proses yang berjalan. Jika tidak ada lagi proses yang mencurigakan, berarti virus tersebut sudah hilang secara tuntas, dan system anda sudah bersih kembali seperti sedia kala.

8. Langkah terakhir, jika virus masih saja aktif dalam sistem anda, jalan satu-satunya adalah dengan menginstal ulang sistem anda. Setelah instal ulang selesai, segera scan system anda dengan antivirus terupdate, atau dengan Removal Tools yang sudah anda miliki tadi.

Demikian sharing untuk membersihkan RAMNIT dari saya. Apabila dalam thread saya ini, ada kata-kata yang kurang berkenan untuk agan dan aganwati semuanya, atau mungkin penulisan nya masih kurang rapi,saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Thread ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri.

Terima kasih,

Wassalamu’alaikum

4 comments:

Powered by Blogger.

Text Widget

About Me

My Photo
smkn1kps-tkj
nama:Riski Agama : Islam Pekerjaan : Pemilik GreenTech Store,GreenTech Komputer Dan GreenTech.Net NO HP:085364360170
View my complete profile

About Me

My Photo
smkn1kps-tkj
nama:Riski Agama : Islam Pekerjaan : Pemilik GreenTech Store,GreenTech Komputer Dan GreenTech.Net NO HP:085364360170
View my complete profile

Followers

Followers